Urun Rembug (Oleh:Ronny Leung)

Urun Rembug

Ada beberapa pertanyaan masuk ke saya,
Malam ini saya tulis pertanyaan itu dan saya jawab biar jadi masukan untuk kita semua.

Apa sih motivasi membuat grup SGD ini ?
Awalnya mengumpulkan semua orang yang menerapkan ajaran Gus Dur tentang pluralisme dan nasionalime dalam hidupnya. Pada suatu saat saya menyadari memakai nama Gus Dur berhubungan dengan sesuatu yg besar dan tidak elok bila salah jalan. Itulah kenapa beberapa pengurus NU aktif mulai bergabung dan mengatur jalan dan ritme grup ini supaya tetap di jalur yang benar dan bermanfaat bagi kita semua. Sekarang tujuan grup ini adalah sarana memberikan informasi dan pencerahan buat segenap warga NKRI dan dunia tentang Gus Dur, NU dll tentang pentingnya pluralisme, nasionalisme dan bhinneka tunggal ika bagi negeri majemuk ini.

Apa manfaat grup SGD ini ?
Bagi saya grup ini memberikan pencerahan dan ilmu yang tdk ternilai harganya, saya menjadi senang browsing situs2 NU dan belajar banyak ilmu tentang sejarah negeri ini. Saya jadi lebih mengenal Gus Dur, Gus Mus, Kyai Said Aqil Siraj dll orang-orang cerdas yg memberikan warna dan pengaruh positif bagi bangsa ini.

Kenapa anda senang politik ?
Saya sebenarnya tidak suka politik, tapi mau tdk mau harus kita sadari di negeri ini politik adalah urat nadi. Negri kaya sumber daya alam ini menjadi miskin karena politikusnya bobrok, karena pemimpinya korup, rakyatnya cuma menjadi penonton kehidupan hedonis pejabatnya, rakyat cuma menjadi tambal butuh waktu kampanye. Sudah waktunya kita sebagai rakyat melawan, kita saling mencerahkan dan bersatu mendukung pemimpin2 yang benar dan berani jujur agar negeri ini bisa menjadi negeri besar kembali.

Anda kristen,kenapa anda repot2 mengurus Gus Dur padahal di kristen sendiri banyak masalah ?
Waktu Gus Dur mengurusi kita kok anda tidak ribut, waktu orang kristen ada yg membalas kok anda ribut hehehe. Belajar Gus Dur membuat kita belajar banyak hal termasuk sikap berani jujur,berani adil dan berani berbeda. Bahkan sebenarnya SGD memberikan banyak bagi saya pribadi mulai dari pencerahan sampai bertemu teman2 baru yg membuat hidup saya lebih bermakna. Sebenarnya boleh dikata bukan saya mengurus Gus Dur tapi Gus Dur pun setelah meninggal tetap memberikan pencerahan bagi saya yg saya bagi buat saudara-saudara sekalian lewat tulisan2 dan pemikirannya selama ini.
Belajar Gus Dur,NU dan tokoh2nya seperti kita berenang di lautan, sangat banyak yg bisa dipelajari mulai dari ajarannya, sejarah,kiprahnya bagi bangsa dan negara ini shg saya meskipun berbeda keyakinan tapi bangga negeri ini memilki NU, semoga NU semakin besar menjadi pengayom semua golongan di negri ini.

Akhir kata saya tutup dengan kata mutiara dari Gus Dur :

Marilah kita bangun bangsa dan kita hindarkan pertikaian yang sering terjadi dalam sejarah. Inilah essensi tugas kesejahteraan kita, yang tidak boleh kita lupakan sama sekali

KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur)
7 Sept.1940 - 30 Desember 2009

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pekerjaan Rumah Dari Gus Dur (Oleh : Ievyani Liebedich)

6 Prinsip Bela Negara Atas Pemahaman Sejarah (Oleh : Ayah Debay)

Piagam Madinah,Pancasila dan UUD 1945 (Semangat Persatuan Dalam Bernegara)